Bangun Gedung MPP Pekanbaru, Ada Opsi Pakai Bankeu dan APBN

Bangun Gedung MPP Pekanbaru, Ada Opsi Pakai Bankeu dan APBN
Dua alat berat masih bekerja meratakan eks gedung MPP Pekanbaru

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mencari bantuan anggaran untuk membangun kembali eks gedung MPP Pekanbaru yang terbakar Maret 2023 kemarin. Pemko masih kesulitan untuk membangun kembali gedung tersebut lantaran membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pada APBD Pekanbaru tahun 2024 mendatang, pembangunan gedung tersebut belum dianggarkan mengingat kondisi keuangan yang terbatas. Pemerintah kota berencana meminta bantuan ke pemerintah provinsi, atau mencari sumber anggaran lainnya agar gedung tersebut bisa dibangun tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, pembangunan kembali eks gedung MPP ditunda pada 2024. Namun dia berharap ada bantuan anggaran sehingga pembangunan bisa dilakukan.

"Di 2024 nanti gedung MPP belum dilaksanakan (pembangunan) karena keterbatasan keuangan yang kita punya. Ya kita cuma bisa berharap apakah nanti (pembangunan) bisa melalui Bankeu apakah melalui dana APBN kita laksanakan," kata Edu sapaan akrabnya, Senin (30/10).

Menurutnya, saat ini pemerintah kota masih mematangkan terkait perencanaan pembangunan di lokasi tersebut. Ada dua opsi antara pembangunan gedung MPP, dan membuat alun-alun kota di lokasi tersebut.

Rencana pembangunan ini nanti bakal dibawa ke dalam forum diskusi atau FGD bersama sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi. Edu menyebut, lokasi itu akan tetap dibangun gedung MPP namun terintegrasi dengan ruang publik.

"Seperti ruang terbuka hijau, jadi terpadu di lokasi tersebut. Saat ini masih dalam pra perencanaan. MPP di kombinasi apakah dengan RTH atau alun-alun. Sebenarnya kalau keuangan kita ada di 2024 bisa dibangun, tapi karena keterbatasan keuangan. Tapi kita tetap akan berjuang untuk pelaksanaan ini, karena uangnya kan cukup lumayan," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini proses pembongkaran eks gedung MPP yang terbakar sudah hampir rampung. Progres pekerjaan sudah diatas 70 persen. Lokasi itu bakal diratakan.

Proses pembongkaran ini diperkirakan bakal rampung pada November 2023. Edu menyebut, sementara waktu lokasi itu akan dikosongkan hingga dibangun nanti. Lokasi itu bisa dimanfaatkan untuk lahan parkir sementara waktu. 

Berita Lainnya

index