Kapan Usia Terbaik Anak Mulai Berkompetisi?

Kapan Usia Terbaik Anak Mulai Berkompetisi?
Usia anak berkompetisi. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Mengajarkan anak berkompetisi sejak dini, tentu memiliki banyak manfaat. Hal ini mampu meningkatkan kecerdasan, ketangkasan, menumbuhkan jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan masih banyak lagi.

Kompetisi sendiri tak hanya di bidang akademik, tapi juga non akademik, seperti menggambar, mewarnai, hingga olahraga. Melihat pentingnya berkompetisi, sebenarnya usia berapa sih olahraga kompetisi bisa mulai dilatih ke anak-anak?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga & Ketua Bidang Penelitian Pengembangan dan Survei Keprofesian Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) DR dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO mengatakan kalau dilihat secara fisik, sebenarnya anak bisa ikut berkompetisi saat usia remaja, di mana anak-anak itu memiliki kekuatan individu.

"Kalau penekanan individunya bisa, tandanya dia sudah bisa berkompetisi, nah ini ada di fase remaja," ujar dr Listya dalam webinar baru-baru ini yang dilansir dari Okezone.com.

Sayangnya, saat ini banyak anak-anak di bawah usia remaja yang sudah mulai ikut berkompetisi.

"Ada yang orang tuanya ingin mengasah bakat sang anak dengan berkompetisi. Hal ini justru mengukung diri si anak," katanya.

Menurut dr Listya ketika orang tua melakukan spesialisasi dini ke anak-anak mereka, jangan jadikan hal itu untuk kompetisi. Jangan paksa anak untuk berkompetisi.

"Dilatih dulu, pas punya performing tubuh bagus, ketika berkompetisi akan optimal juga pada waktunya. Ini yang saya sampai saat ini tidak ada yang saklek cabang ini harus usia sekian karena kebanyakan mereka mulainya dari club," tutup dr Listya.

Berita Lainnya

index