Kabupaten Bengkalis Kembali Raih Adipura untuk Kebersihan Lingkungan

Kabupaten Bengkalis Kembali Raih Adipura untuk Kebersihan Lingkungan
Kabupaten Bengkalis Kembali Raih Adipura

Riauaktual.com - Kabupaten Bengkalis kembali meraih Piala Adipura sebagai kota kecil terbersih pada Selasa, 5 Maret 2024. Bupati Kasmarni menerima langsung penghargaan tersebut dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Direktorat Penanganan Sampah.

Keberhasilan ini didapatkan setelah Kabupaten Bengkalis memenuhi sejumlah kriteria dari Tim Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk penginputan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Sebanyak 105 Kabupaten/Kota lainnya juga dinobatkan sebagai Kota Kecil Terbersih.

Bupati Kasmarni menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari upaya seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam menjaga lingkungan. Meskipun meraih Adipura merupakan hal yang sulit karena ada perubahan pola dan indikator penilaiannya, namun Kabupaten Bengkalis telah membuktikannya tidak hanya sekali.

Bupati Kasmarni berharap agar semua upaya dalam menata dan menjaga lingkungan terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat untuk memperoleh kembali Adipura, bahkan hingga ke kategori Adipura Kencana.

Dalam penganugerahan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menjelaskan bahwa 5 Kabupaten/Kota menerima Adipura Kencana, 106 Kabupaten/Kota menerima Plakat, dan 51 Kabupaten/Kota menerima Sertifikat Adipura. Hal ini menandakan peningkatan dalam kinerja pengolahan sampah di banyak daerah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyoroti pentingnya penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir, menekankan bahwa sistem penanganan sampah di Indonesia tidak lagi bisa dilaksanakan secara konvensional.

Rencananya, piala kebanggaan masyarakat Kabupaten Bengkalis akan diarak di pulau Bengkalis pada Jumat, 8 Maret 2024 mendatang. Acara ini akan dimulai dari Pelabuhan Roro Air Putih Bengkalis oleh Bupati Kasmarni, Forkopimda, siswa sekolah, dan masyarakat.

Hadir dalam acara penerimaan Adipura tahun 2023 adalah sejumlah kepala dinas, antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Basuki Rakhmad, Kadis Perkim Supardi, Kadis PUPR Ardiyansyah, Kadis Kominfotik Suwarto, Kadis Pendidikan Hadi Prasetyo, Kadis Parbudpora Edi Sakura, Kadis Perindag Zulpan, Kepala Bappeda Rinto, Kepala Bapenda Syahruddin, Kepala BKPP Djamaluddin, dan Kabag Prokopim Syafrizal.

Berita Lainnya

index