Perbedaan Jangan Jadi Kendala untuk Ibadah Puasa

Perbedaan Jangan Jadi Kendala untuk Ibadah Puasa
Kyatul hilal awal Ramadan di Provinsi Riau

Riauaktual.com - Salah satu titik dari 134 titik lokasi pelaksanaan rukyatul hilal awal Ramadan di Provinsi Riau yang ditetapkan Kementerian Agama adalah Pantai Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

Berdasarkan hasil pengamatan Pelaksana Tugas(Plt)Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi didampingi Kabid Urusan Agama Islam H Agustiar mengatakan bahwa rukyatul hilal Wilayah Provinsi Riau dengan posisi hilal tidak terlihat.

"Hari ini serentak kita melaksanakan rukyatul hilal penetapan awal ramadhan 1445 H / 2024 M, untuk Provinsi Riau dari titik lokasi Rupat Utara, posisi hilal tidak terlihat. Untuk penetapan 1 Ramadan, kita masih menunggi hasil sidang isbat yang digelar dipusat,"ujarnya.

Menyikapi perbedaan penetapan awal ramadan, Muliardi mengharapkan masyarakat dapat menjaga kerukunan umat beragama dan saling menghormati satu dengan yang lain.

"Perbedaan ini jangan menjadi kendala untuk melaksanakan puasa atau ibadah ramadhan kita, akan tetapi mari kita terima dengan meningkatkan khasanah keislaman kita, bahwa perbedaan itu bukan segalannya saja terjadi akan tetapi perbedaan itu adalah sebuah keniscayaan bagi kita memperkaya diri dalam memahami keyakinan terhadap saudara - saudara kita,"ujarnya, Minggu (10/3/2024).

Lebih lanjut Muliardi mengatakan organisasi yang telah menetapkan tetap dihargai, namun tetap menunggu keputusan sidang isbat.

"Mudah - mudahan awal ramadhan bagi organisasi manapun yang telah menetapkan tetap kita hargai namun bagaimana pun pemerintah juga akan menetapkan sesuai dengan cara pandang atau metode yang lain. Oleh sebab itu mari kita hargai perbedaan, bagaimana pun mari kita tunggu keputusan dari sidang isbat hari ini,"terangnya.

Sementara itu tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Riau H Khairulnas mengatakan hilal berada pada posisi 0,56 deraja tidak sampai 1 derajat sehingga kemungkinan terlihat sangat kecil.

"Kondisi rukyatul hilal hari ini matahari tenggelam pada titik koordinat 266 derajat sementara bulan tenggelam pada posisi 264 derajat jadi jarak matahari dan bulan ketika tenggelan itu berada di dua derajat, bulan berada disebelah kiri matahari tenggelam. Sementara ketinggian hilal diperkirakan 0,56 derajat. Ketika matahari tenggelam bulan berada di atas ufuk 0,56 dalam kondisi tidak sampai 1 derajat, sehingga kemungkinan terlihat sangat kecil sekali, karena beriringan dengan tenggelamnya matahari. Sementara itu waktu pengamatan hanya ada selama 4 menit, kalau diposisi Bengkalis Rupat Utara ini dari jam 18.27 - 1831 Wib,"tambahkan.

Hadir pada kegiiatan ini Kemenag Bengkalis diwakili Kasubbag Tata Usaha dan Kasi Bimas Islam Kemenag Bengkalia, Camat Rupat Utara, Kepala KUA Kecamatan Rupat Utara, Tokoh Agama, dan Jabatan Fungsional Tertentu pada Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Riau.

Berita Lainnya

index