Enam Kapolda di Indonesia dengan Masa Jabatan Lebih dari Dua Tahun, Salah Satunya Irjen Pol Mohammad Iqbal

Enam Kapolda di Indonesia dengan Masa Jabatan Lebih dari Dua Tahun, Salah Satunya Irjen Pol Mohammad Iqbal
Pelantikan Irjen Pol Mohammad Iqbal sebagai Kapolda Riau di Mabes Polri. Foto Internet

Riauaktual.com - Ada enam Kapolda di Indonesia yang menjabat lebih dari dua tahun. Dua di antaranya merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988. Kapolda adalah yang bertugas memimpin pelaksanaan tugas Polri di wilayah tingkat provinsi dan bertanggung jawab langsung kepada Kapolri.

Mereka yang mengemban jabatan tersebut adalah jenderal polisi bintang dua atau berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Saat ini terdapat 34 Kapolda aktif yang memimpin Kepolisian Daerah (Polda) di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya telah menjabat lebih dari 2 tahun.

Kapolda dengan Masa Jabatan Lebih dari 2 Tahun, yakni:

1. Irjen Pol Mohammad Iqbal - Kapolda Riau

Irjen Pol Mohammad Iqbal telah memimpin Polda Riau selama sekitar 2 tahun dan 2 bulan sejak dilantik pada 29 Desember 2021. Sebelumnya, Iqbal pernah menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat dan menduduki beberapa posisi strategis lainnya.

2. Irjen Pol Ahmad Luthfi - Kapolda Jawa Tengah

Irjen Pol Ahmad Luthfi telah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah selama lebih dari 3 tahun sejak dilantik pada 8 Mei 2020. Sebelum menjadi Kapolda, Luthfi telah mengemban berbagai jabatan penting di kepolisian, termasuk Wakapolda Jawa Tengah.

3. Irjen Pol Daniel Adityajaya - Kapolda Kalimantan Utara

Irjen Pol Daniel Adityajaya telah memimpin Polda Kalimantan Utara selama sekitar 2 tahun dan 1 bulan sejak Januari 2022. Sebelumnya, Daniel pernah menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Tk. I Lemdiklat Polri.

4. Irjen Pol Teguh Pristiwanto - Kapolda Sulawesi Tenggara

Irjen Pol Teguh Pristiwanto telah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara selama sekitar 2 tahun dan 4 bulan sejak dilantik pada 10 November 2021. Sebelumnya, Teguh pernah menduduki beberapa posisi penting di kepolisian, termasuk sebagai Pati Baintelkam dengan penugasan pada BIN.

5. Irjen Pol Lotharia Latif - Kapolda Maluku

Irjen Pol Lotharia Latif telah memimpin Polda Maluku selama sekitar 2 tahun dan 2 bulan sejak dilantik pada 29 Desember 2021. Sebelumnya, Lotharia pernah menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur dan Kakorpolairud Baharkam Polri.

6. Irjen Pol Mathius D Fakhiri - Kapolda Papua

Irjen Pol Mathius D Fakhiri telah memimpin Polda Papua selama lebih dari 3 tahun sejak dilantik pada 4 Maret 2021. Sebelumnya, Mathius pernah menjabat sebagai Wakapolda Papua.

Berita Lainnya

index