Bupati Bengkalis Kasmarni Serahkan Laporan Keuangan Tahun 2023 ke BPK RI Riau

Bupati Bengkalis Kasmarni Serahkan Laporan Keuangan Tahun 2023 ke BPK RI Riau
Bupati Bengkalis Kasmarni Serahkan Laporan Keuangan Tahun 2023

Riauaktual.com - Bupati Bengkalis, Kasmarni, melakukan penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 yang belum diaudit kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau. Acara ini berlangsung pada Selasa, 26 Maret 2024 di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru. Bupati secara langsung melakukan penandatanganan berita acara serah terima.

Kasmarni menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menyusun laporan keuangan tahun 2023 sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah sesuai amanat Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja akuntansi pemerintahan. Meskipun menyadari bahwa penyusunan laporan keuangan masih belum sempurna, Kasmarni berharap mendapat tanggapan, dukungan, dan saran dari BPK dalam penyempurnaan laporan tersebut.

"Saya menyadari bahwa penyusunan laporan keuangan ini masih kurang dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan tanggapan, dukungan, dan saran dari BPK dalam hal penyempurnaan penyajian laporan keuangan ini," ujar Bupati Kasmarni.

Kepala BPK RI Perwakilan Riau, melalui Kepala Sub Auditorat Riau II BPK RI, Nugroho Heru Wibowo, mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menyiapkan LKPD sebelum batas waktu yang ditentukan. Wibowo juga menekankan pentingnya daerah untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta memperhatikan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan dari BPK.

"Tidak sia-sia Bengkalis mendapat WTP. Karena dengan anggaran yang besar, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bengkalis tiap tahun meningkat, yang artinya belanja pada dasarnya bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Bengkalis. Lalu Rasio gini atau tingkat kesenjangan pembagian pendapatan relatif antar penduduk suatu wilayah juga semakin bagus," puji Nugroho Heru Wibowo.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, antara lain Asisten 1 Bengkalis, Inspektur Daerah Bengkalis, Kepala BPKAD, Kepala Bapenda, dan Kadis Kominfotik.(inf)

Berita Lainnya

index