Bupati Bengkalis Ajak Semua Pihak Tingkatkan Kewaspadaan Potensi Karhutla

Bupati Bengkalis Ajak Semua Pihak Tingkatkan Kewaspadaan Potensi Karhutla
Bupati Bengkalis

Riauaktual.com - Bupati Bengkalis, melalui Wakil Bupati Dr. H Bagus Santoso, mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini disampaikan dalam apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutla di halaman Mapolres pada Senin, 25 Maret 2024.

Wakil Bupati menyatakan bahwa kesiapsiagaan semua pemangku kepentingan sangat penting dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana karhutla di Bengkalis, terutama mengingat musim kering ekstrem yang sedang melanda daerah tersebut. Menurut laporan BPBD Bengkalis per tanggal 23 Maret 2024, telah terpantau 38 hotspot dengan 12 kejadian karhutla, yang mengakibatkan 34,33 hektar lahan terbakar di 9 kecamatan.

"Karhutla tidak mengenal batasan, oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak dalam mencegah dan mengatasi potensi karhutla," ujar Wakil Bupati.

Bagus Santoso juga mengajak seluruh stakeholder, seperti TNI, Polri, petugas pemadam kebakaran, dan masyarakat untuk bersinergi dalam melakukan upaya pencegahan, mitigasi, dan peningkatan kesiapsiagaan karhutla. Dia juga meminta agar camat, kepala desa, dan petugas keamanan untuk meningkatkan sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang konsekuensi hukum jika terlibat dalam karhutla.

Dalam apel tersebut, turut hadir beberapa pejabat dan tokoh masyarakat, antara lain Kapolres Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis, Kalaksa BPBD Bengkalis, dan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, serta peserta apel dan tamu undangan lainnya. (Inf)

Berita Lainnya

index