Berikut 8 Obat Rumahan untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Berikut 8 Obat Rumahan untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan
Obat untuk sembuhkan sakit tenggorokan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Cuaca yang dingin dan kering seringkali berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat menjadikan lingkungan yang sempurna bagi virus untuk berkembang. Kondisi tersebut membuat orang rentan tertular sejumlah infeksi, terutama flu biasa disertai dengan gejala-gejala yang mengganggu.

Kelemahan, batuk, demam, dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala-gejala yang berhubungan dengan flu biasa. Namun, terdapat sejumlah solusi sederhana yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah ini, termasuk gejala sakit tenggorokan.

Melansir dari Etimes Entertainment pada Sabtu (20/4/2024), berikut delapan solusi terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan.

1. Susu Kunyit

Susu kunyit, ramuan yang biasa dikenal sebagai susu emas adalah salah satu obat nenek terbaik untuk sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, ramuan ini juga mampu mengobati berbagai masalah seperti pilek dan batuk. Kombinasi kunyit dan susu dapat memberikan banyak manfaat anti-inflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu pengobatan untuk sakit tenggorokan yang paling umum digunakan. Garam dapat membantu menyembuhkan infeksi dengan menyerap cairan dari jaringan mulut dan tenggorokan. Namun, selalu berkumur dengan air hangat agar tidak memperparah tenggorokan Anda.

3. Bubuk Soda Kue

Selain berkumur dengan air garam, bubuk soda kue juga sangat baik untuk menyembuhkan sakit tenggorkan. Soda kue tidak hanya membantu meredakan infeksi tenggorokan, tetapi juga mencegah pertumbuhan jamur dan ragi.

4. Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu melarutkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu menghilangkan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Cara terbaik mengonsumsi peppermint adalah dalam bentuk teh.

5. Madu

Madu memiliki sejumlah khasiat yang membantu menghilangkan sakit tenggorokan. Gabungan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikrobanya yang dapat membantu madu menjadi salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan.

Konsumsi madu dengan segelas susu hangat atau air lemon hangat dapat menjadi cara terbaik untuk meredakan gejala sakit tenggorokan.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin. Kandungan senyawa tersebut mampu melawan kuman dan menyembuhkan infeksi. Mengunyah satu siung bawang putih perlahan-lahan dapat mengeluarkan allicinnya dan menyembuhkan tenggorokan Anda.

7. Fenugreek

Fenugreek juga memiliki sifat antimikroba yang sangat membantu meredakan nyeri dan iritasi atau peradangan pada tenggorokan. Fenugreek memiliki banyak bentuk, seperti biji-bijian, minyak topikal, atau teh.

8. Cuka Sari Apel

Sifat asam pada cuka sari apel dapat membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran infeksi. Cuka sari apel dapat diminum langsung, ditambahkan ke teh herbal, atau diencerkan dengan air untuk berkumur.

Dengan menggunakan obat-obatan rumahan ini Anda dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan. Namun, jika gejala Anda tidak membaik dalam beberapa hari atau semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Berita Lainnya

index