Festival Sungai Siak Kembali Digelar, Siap Ramaikan HUT Kabupaten Siak ke-25

Festival Sungai Siak Kembali Digelar, Siap Ramaikan HUT Kabupaten Siak ke-25
Foto: Opening Festival Sungai Siak tahun 2023

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Dinas Pariwisata, akan kembali menggelar Festival Sungai Siak (FSS) untuk yang kedua kalinya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak yang ke-25.

Festival Sungai Siak sebelumnya berhasil menarik perhatian warga Siak dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Event ini merupakan inovasi baru dari Dinas Pariwisata pada tahun 2023, yang difokuskan di kawasan tepian Bandar Sungai Jantan, tepatnya di depan Istana Asserayyah Hasyimiah.

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, menuturkan bahwa tujuan utama event ini adalah untuk menarik minat kunjungan wisatawan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Siak.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Siak ke-25 yang akan berlangsung pada Oktober nanti. Pembukaan acara akan dilakukan di pinggir Sungai Siak dengan menggunakan panggung di atas kapal ferry yang terapung di sungai," ujar Tekad pada Selasa (4/6).

"Event ini merupakan kali kedua kami selenggarakan dan akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 20-23 Juni 2024. Pertama kali kami adakan pada tahun 2023," tambahnya.

Tekad menjelaskan bahwa FSS tahun ini akan menampilkan perbedaan sub-event yang lebih menarik dibandingkan tahun sebelumnya. Selain pertunjukan seni budaya, lomba memancing, dan lomba sampan, FSS tahun ini juga akan mengadakan lomba memasak, lomba mewarnai, lomba fotografi, seminar dan eksibisi, serta bazar kuliner dan susur Sungai Siak.

"Tahun ini, FSS akan lebih meriah dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Ayo ramaikan, rugi kalau tidak ikut," kata Tekad.

Untuk peserta kegiatan ini, pihaknya mengundang kabupaten dan kota yang dilalui sungai-sungai besar di Provinsi Riau, seperti Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

"Selain Festival Sungai Siak, kami juga akan menggelar beberapa event berskala nasional dan internasional, seperti Tour de Siak dan Siak Serindit Boat Race," tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Tekad berharap bisa membantu meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Siak.

"Adanya event dan meningkatnya kualitas event mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Siak. Sehingga dampak kegiatan ini secara ekonomi dapat langsung dirasakan oleh pelaku UMKM kita," pungkasnya. (Inf)

Berita Lainnya

index