Persiapkan Generasi Emas 2045, Bupati Alfedri Berikan Beasiswa Kuliah untuk Guru PAUD dan TK

Persiapkan Generasi Emas 2045, Bupati Alfedri Berikan Beasiswa Kuliah untuk Guru PAUD dan TK
Bupati Alfedri Berikan Beasiswa Kuliah untuk Guru PAUD dan TK

Riauaktual.com - Mempersiapkan generasi unggul, cerdas, dan berdaya saing di masa mendatang membutuhkan komitmen kuat dan dukungan anggaran.

Bupati Siak, Alfedri, menunjukkan komitmennya dalam menyiapkan generasi emas 2045 dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru PAUD dan TK di Kabupaten Siak.

"Keberhasilan anak-anak kita bergantung pada didikan guru yang kompeten. Oleh karena itu, kualitas para guru PAUD dan TK harus kita tingkatkan," ujar Bupati Siak Alfedri saat membuka kegiatan Pentas Seni Akbar 2024 di Gor Tualang, Kecamatan Tualang, Rabu (5/6/2024).

Bupati Alfedri menyatakan bahwa Pemkab Siak telah menyiapkan beasiswa kuliah bagi guru PAUD dan TK yang belum memiliki gelar sarjana. Pada tahap pertama, Pemkab telah memberikan beasiswa kuliah kepada 20 guru di Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru.

Dengan peningkatan kualitas guru-guru mulai dari tingkat PAUD dan TK, diharapkan Pemerintah Kabupaten Siak bisa menciptakan generasi penerus yang siap bersaing di masa depan, mempersiapkan Indonesia Emas Tahun 2045.

"Saat ini, anak usia 4-7 tahun yang sudah masuk TK baru mencapai 52 persen di Kabupaten Siak. Sementara itu, guru PAUD dan TK yang bergelar sarjana baru 62 persen. Oleh karena itu, kami akan berusaha meningkatkan persentase tersebut," ucap Alfedri.

"Angka tersebut diperoleh berdasarkan sensus yang kami lakukan beberapa waktu lalu. Kami meminta penghulu memfasilitasi pendirian TK dan PAUD jika belum ada sekolahnya. Balai Desa bisa dijadikan tempat belajar sementara bagi anak PAUD," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Alfedri juga menyampaikan rasa senang dan bangganya terhadap penampilan siswa-siswi TK dan PAUD se-Kecamatan Tualang.

"Alhamdulillah, kami sangat senang bisa hadir dan berkumpul bersama para orang tua dan anak-anak dari TK dan PAUD se-Kecamatan Tualang. Kami kagum melihat penampilan anak-anak yang mantap dan keren," ujar Alfedri.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Tualang, Rusmanidar, menyampaikan bahwa kegiatan Pentas Seni Akbar tahun 2024 ini diikuti oleh seluruh TK se-Kecamatan Tualang yang berjumlah 43 TK.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak yang di tengah kesibukannya masih menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah kita," singkatnya. (inf)

Berita Lainnya

index