Ini Tips Aman Berolahraga Tanpa Khawatir Alami Henti Jantung, Perhatikan 3 Hal Ini

Ini Tips Aman Berolahraga Tanpa Khawatir Alami Henti Jantung, Perhatikan 3 Hal Ini
Tips aman berolahraga tanpa khawatir henti jantung. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Namun di balik itu, olahraga justru bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kematian secara mendadak.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal itu dikarenakan kondisi dan kemampuan tubuh yang tidak sesuai dengan bentuk olahraga yang dilakukan. Sehingga bisa menyebabkan henti jantung, seperti yang dialami oleh atlet muda asal China Zhang Zhi Jie.

Kala itu, atlet bulu tangkis bertanding melawan Jepang dalam gelaran internasional yaitu Asia Junior Championship (AJC) 2024, yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu 30 Juni 2024. Terkait hal tersebut, Dokter olahraga, Andi Kurniawan, Sp. K.O menjelaskan tips aman berolahraga tanpa khawatir alami henti jantung.

1. Lakukan Medical Check Up

"Jadi olahraga untuk sehat, jadi olahraga lah pertama kita harus melakukan medical check up kita tahu kondisi tubuh kita," tutur dokter Andi di Morning Update iNews, Rabu (3/7/2024).

2. Sesuai kemampuan

"Olahraga lah seusai dengan kemampuan kita dan kondisi kesehatan kita. Olahraga lah untuk diri kalian bukan untuk sosmed kalian," kata dokter Andi.

3. Berhenti saat Merasa Nyeri di Bagian Dada

"Biasanya ada nyeri dada terus kemudian tiba-tiba langsung jatoh dan dia langsung kolaps. Kalau misalnya henti jantung itu biasanya ada penyakit metabolisme atau penyakit penyerta nya itu pasti ada penyebab nya," kata dokter Andi Kurniawan.

 

Sumber: Okezone.com

Berita Lainnya

index