Pawai 14 Desa Tandai Pembukaan Festival Pacu Jalur di Inuman

Pawai 14 Desa Tandai Pembukaan Festival Pacu Jalur di Inuman
Pembukaan Festival Pacu Jalur di Inuman

Riauaktual.com - Pawai dari 14 desa di Kecamatan Inuman menandai pembukaan resmi Festival Pacu Jalur yang digelar di Tepian Tigo Muaro, Inuman, Sabtu (6/7/2024). Peserta karnaval menampilkan keunikan masing-masing desa dan membawa produk lokal hasil pertanian. Beragam atraksi dan budaya juga dipertontonkan di depan para tamu di halaman Kantor Camat Inuman.

Bupati Kuantan Singingi, Dr. Suhardiman Amby, MM, bersama undangan lainnya terlihat antusias menyaksikan pawai sambil melambaikan tangan. Hadir juga Anggota DPRD Provinsi Riau Sardiyono, A. Md, Pj Sekda Kuansing dr. H. Fahdiansyah, SpOG, Kapolres dan Wakapolres Kuansing, Ketua TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Forkopimcam, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta masyarakat Kecamatan Inuman.

Dalam arahannya, Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengharapkan agar pelestarian budaya Pacu Jalur di Kuansing terus meningkat, baik dari segi partisipasi jalur maupun kunjungan masyarakat.

"Pacu Jalur di Kecamatan Inuman ini dulunya hanya diikuti oleh 20 jalur. Namun tahun ini jumlahnya meningkat dua kali lipat menjadi 56 jalur. Ini menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur semakin tinggi," ujar Bupati Kuansing.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang untuk melestarikan budaya fenomenal di Kuansing, yaitu Pacu Jalur, dengan harapan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung dan menyaksikannya secara langsung.

"Selain melestarikan budaya, kita juga berharap animo masyarakat terhadap Pacu Jalur semakin tinggi. Semakin banyak yang berkunjung, maka akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," tambahnya.

Ketua pelaksana Festival Pacu Jalur Inuman tahun 2024, Syariandi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada utusan jalur dari Kuansing dan Inhu yang berpartisipasi dalam acara tersebut. “Kami mengapresiasi utusan jalur yang berpartisipasi dalam iven pacu jalur di Kecamatan Inuman tahun ini, yang jumlah pesertanya terbanyak,” kata Syariandi.

Syariandi mengakui bahwa peningkatan jumlah peserta tahun ini tidak lepas dari kerja keras panitia dan dukungan dari berbagai pihak. “Ada 56 jalur yang akan berlaga besok, sementara pada tahun 2023 hanya ada 45 jalur,” tambahnya.

Syariandi juga menjelaskan bahwa tahun ini ada beberapa kegiatan tambahan seperti shalat subuh berjamaah, peresmian kantor Polsek Inuman, pawai menyambut kedatangan Bupati yang membuka acara Pacu Jalur, serta penilaian untuk tukang tari, timbo ruang, dan tukang onjai terbaik.

Berita Lainnya

index