Upaya Bupati Kabupaten Siak Alfedri dalam Mengurangi Pengangguran Berbuah Hasil

Upaya Bupati Kabupaten Siak Alfedri dalam Mengurangi Pengangguran Berbuah Hasil
Kabupaten Siak

Riauaktual.com - Upaya Bupati Kabupaten Siak, Alfedri, dalam mengurangi angka pengangguran membuahkan hasil signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Siak, tingkat pengangguran terbuka (TPT) menurun dari 6,11 persen pada tahun 2022 menjadi 5,82 persen di tahun 2023. Penurunan ini menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Siak telah banyak yang memiliki pekerjaan dan kegiatan wirausaha, didukung oleh bantuan UMKM dari Pemkab Siak untuk warga.

Kepala BAPPEDA Siak, L Budi Yuwono, menyampaikan bahwa data tersebut merupakan bukti nyata dari upaya yang telah dilakukan. 

"Data itu kita peroleh dari BPS. Dari data tersebut, menjelaskan angka pengangguran kita turun dari 6,11 persen pada 2022, dan menjadi 5,82 persen di 2023. Bahkan, untuk tingkat kabupaten di Provinsi Riau, Siak terendah," ujar Budi Yuwono pada Jumat (2/8).

Kabupaten Siak berhasil mempertahankan kondisi ekonominya dan cepat pulih dari dampak wabah global Covid-19 yang meluluhlantakkan perekonomian sejak tahun 2019. Saat itu, banyak kasus PHK di perusahaan dan redupnya UMKM yang menyebabkan tingkat pengangguran dan pendapatan masyarakat tergerus. 

"Waktu itu, tingkat pengangguran di Siak cukup tinggi. Tidak hanya karena faktor masyarakat kita banyak yang dirumahkan oleh perusahaan, bisa jadi masyarakat yang bekerja di luar Siak, kembali lagi ke Siak," terangnya.

Bupati Siak Alfedri, yang baru dilantik tahun 2021, menghadapi tantangan besar tersebut. Namun, melalui berbagai program unggulan yang menyentuh langsung ke masyarakat, seperti bantuan UMKM dan program Beasiswa untuk Anak Siak (Betunas), masalah pengangguran dapat diatasi dengan baik.

"Namun, melalui berbagai program unggulan Pak Bupati, semua itu bisa diatasi. Hingga angka pengangguran kita turun drastis di 2023," kata Budi Yuwono mengakhiri.

Upaya dan program yang dilakukan oleh Bupati Alfedri menunjukkan komitmen dan kegigihannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Siak, sehingga berhasil mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan warga.

Berita Lainnya

index