H-10 Jalang Lebaran, Aktifitas di RPH Meningkat 40 Persen

H-10 Jalang Lebaran, Aktifitas di RPH Meningkat 40 Persen
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Memasuki H-10 Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah, aktifitas pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pekanbaru, memasuki pekan ketiga pemotongan akan naik 40 persen dari hari biasa.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, El Syabrina, akhir pekan kemarin, mengatakan bahwa pihak RPH sudah berkordinasi dengan pihak pengusaha untuk menyediakan 6000 ekor sapi jelang lebaran. "Peningkatan pemotongan mulai nampak sebesar 15 persen sejak awal ramadan lalu, "kata El.
   
El juga menjelaskan, untuk mengantsipasi peningkatan permintaan daging sapi dimasyarakat Pekanbaru selama Ramadan hingga Idul Fitri, RPH juga menyesuaikan jumlah sapi yang dipotong.
   
"Jika pada hari biasa jumlah pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) hanya 25-30 ekor sapi perhari, maka akan menjadi 40-45 ekor," rincinya.
     
Selanjutnya untuk mengantisipasi pasokan, sejauh ini pengusaha sapi yang berasal dari Lampung dan Medan sudah menyanggupi untuk menjamin stok. Menurut El sapi-sapi ini akan dipasok oleh perusahaan besar yang menjadi distributor Pekanbaru.
       
El juga menambahkan sapi terbanyak didatangkan dari Lampung yakni sebanyak 55 persen sementara Medan sisanya yakni 45 persen dari kebutuhan daging di Kota Pekanbaru. Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir akan stok dan ketersediaan daging sapi. (YAN)
 

Berita Lainnya

index