Pemkab Nagan Lakukan Mutasi dan Promosi Pejabat Fungsional

Pemkab Nagan Lakukan Mutasi dan Promosi Pejabat Fungsional
Wabup Nagan Raya, H. Jamin Idham, SE sedang mengambil sumpah jabatan secara Islam, kepada seratusan pendidik di jajaran dinas pendidikan Nagan Raya ya

ACEH (RA) - Sejak dilantik oleh gubernur Aceh sebagai kepala pemerintahan kabupaten Nagan Raya, Bupati Drs. HT Zulkarnaini, baru pertama kali ini melakukan mutasi secara besar-besaran hampir seluruh pejabat fungsional kepala sekolah di tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan menegah atas di jajaran dinas pendidikan kabupaten Nagan Raya.

Acara pembacaan mutasi dan pengambilan sumpah jabatan serta penetapan jabatan kepala sekolah yang baru untuk 90-an institusi pendidikan, tadi pagi menjelang siang dibacakan oleh wakil bupati H Jamin Idham, SE, di aula Sekdakab Nagan Raya. Acara dimulai sekitar pukul 11.45 siang, dihadiri seluruh calon pejabat fungsional kepala sekolah yang akan di-SK-kan, yang nantinya sebagai wajah baru pejabat fungsional kepala di masing-masing sekolah.

Dalam acara ini, wakil bupati didampingi asisten I, T. A. Arif, SE, asisten II, Drs. Bustamam, asisten III, Pocut Sri Median,  plt. kadis pendidikan, Sulaiman Toha S.Pd, kabag humas sekdakab, Asdal Kusuma B.A, juga, hadir pula kadis pemberdayaan perempuan dan BKKBN, Said Akhiruzzaman, SH. Sedangkan bupati berhalangan hadir karena harus mengikuti rapat koordinasi dengan gubernur Aceh, di banda aceh, untuk persiapan menyambut kunjungan kerja menteri PDT dan menteri tenaga kerja dan transmigrasi, minggu depan ke Nagan Raya.

Amanah bupati HT Zulkarnaini, dalam lembaran keputusan yang dibacakan oleh kabag hukum, bahwa memberhentikan secara hormat sejumlah pejabat fungsional kepala sekolah dan mengangkat pejabat fungsional yang baru.

Dalam kesempatan itu, wabup Jamin Idham dalam pidato sambutannya, menyampaikan, “mutasi dilakukan untuk peningkatan mutu dan kualitas sumber daya pendidikan. Ini sebagai dinamika dalam rangka peningkatan SDM pendidik. Baperjakat telah memantau dan mengevaluasi seluruh kinerja kepala sekolah yang dimutasi, guna peningkatan kualitas SDM pendidik dan anak didik di Nagan. Juga, dalam rangka persiapan ujian akhir  tahun ( UAN, red ) agar kelulusan siswa-siswi bisa lulus sempurna seratus persen, Melalui pendidikan yang berkualitas, putra-putri anak didik yang berkualitas di Nagan sangat tergantung kepada saudara-saudara sekalian yang baru saja dilantik,” kata Jamin.

Sementara itu saat Sinar Harian mencoba menggali informasi kepada plt kadis pendidikan, Sulaiman Toha, tentang pemutasian kepala sekolah dan guru yang sedang berlangsung di Nagan, di sela-sela  gladi resik persiapan acara pelantikan, dia menjelaskan, “ ini baru pertama kali di jajaran dinas pendidikan. Khususnya untuk jajaran kepala sekolahan, ini memang pertama kali,” kata Sulaiman yang juga merangkap sebagai pejabat sekretaris pendidikan. Dan hal itu dibenarkan oleh seorang guru yang ikut hadir dalam promosi jabatan fungsional sebagai salah seorang kepala sekolah dasar, Mursal ( 42 ) guru SD Krueng Ukam, Kec. Kuala, Nagan Raya.

Kadis Sulaiman menambahkan, mutasi ini berlaku untuk sekolah SD, SMP, SMA, semua jenjang. Penyebabnya, karena ada yang sudah memasuki masa pensiun, ada yang perlu penyegaran, ada yang pergeseran tempat dan ada juga yang dipromosikan.

“Dan itu semua hal biasa di jajaran dinas pendidikan,” ujar Sulaiman yang sudah cukup lama mengabdi sebagai tenaga fungsional dan struktural pada dinas pendidikan Nagan.

Ditulis: Hasbi Ibrahim, Aceh
Editor: Riki

Berita Lainnya

index