Perkembangan Pers di Riau Tumbuh Pesat

Perkembangan Pers di Riau Tumbuh Pesat
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Perkembangan dunia pers di Riau tumbuh pesat dalam 10 tahun terkhir dan terbukti kini di provinsi yang berjuluk "Bumi Lancang Kuning" terdapat 27 media terbitan lokal baik harian maupun mingguan dan bulanan.
         
"Media itu akan tumbuh pesat karena didukung ekonomi yang kuat seperti terjadi di Riau. Berbeda dengan Bali, ekonominya kuat karena berasal dari pendatang," ujar Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) M Ridho Elsy di Pekanbaru.
         
Menurut dia, satu-satunya provinsi di Indonesia yang bisa menyaingi Riau kaya akan hasil alam baik di perut bumi berupa minyak mentah dan di atas minyak kelapa sawit (CPO) adalah Kalimantan Timur.
         
Dia yang juga duduk di komisi pengaduan Dewan Pers mengatakan, dari sekitar 1.000 pengaduan yang masuk tentang pemberitaan media dan terbanyak itu berasal dari media provinsi tetangga Riau alias Sumatera Utara.
         
Dewan Pers akan membela sekuat tenaga apabila mereka bekerja baik wartawan, jurnalis ataupun reporter sesuai dengan aturan yang berlaku yakni Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 dan kode etik wartawan Indonesia.
         
"Kalau wartawan bekerja sesuai aturan yang berlaku, maka kita siap membantu sampai di manapun. Tapi kalau wartawannya memeras, itu ranah pihak yang berwajib," ucapnya mengigatkan.
         
Ridho hadir di Pekanbaru dalam penutupan acara media ekspo sekaligus ajang acara Riau "print media award" (RiPMA) dilaksanakan selama lima hari yang dimulai dari 22-26 Januari 2014 dan diikuti 26 perusahaan media terbitan lokal dengan mengambil tempat di sebuah mall kota itu.
         
Selain ketua harian SPS, acara penutupan sekaligus penyerahan award SPS Riau 2013 dihadiri Pj Gubernur Riau Djohermansyah Djohan, Ketua SPS Riau Syafriadi, Ketua PWI Riau Dheni Kurnia, sesepuh pers Muslim Kawi dan Mulyadi serta perwakilan perusahaan media.
         
Pj Gubernur Riau Djohermansyah Djohan mengatakan pertumbuhan pers di Riau maju pesat dan mampu menyalip daerah-daerah yang memiliki perkembang dunia pers yang cukup panjang, jika dilihat dari perkembang media.
         
"Semoga tidak ada salah kutip dalam pemberitaan. Mudah-mudahan media di Riau bisa menjadi agen perubahan yang lebih baik karena untuk tahun 2014 ini, ada dana hibah yang diberi kepada PWI Riau dan SPS Riau," ucapnya.



Sumber: Antarariau.com
Editor: Rrm

Berita Lainnya

index