RiauAktual

RiauAktual.com

Home »

Ragam

Lebih Kecil dari T-Rex, Ia Predator yang Ganas

Lebih Kecil dari T-Rex, Ia Predator yang Ganas
Photo : U-Report Llukalkan aliocranianus 

Riauaktual.com - Ahli paleontologi telah menemukan sisa-sisa fosil spesies baru dinosaurus karnivora besar di Argentina. Ditemukan di wilayah Patagonia negara Amerika Selatan, reptil besar ini menjelajahi benua 85 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous.

Berukuran sekitar lima meter, itu sedikit lebih kecil dari Tyrannosaurus rex (T-Rex), namun masih mampu memberikan gigitan yang kuat dan akan menjadi predator yang ganas dan mematikan.

Ia juga diyakini memiliki pendengaran yang superior dan akan menjadi pemburu yang sangat efektif. Spesies itu diberi nama Llukalkan aliocranianus, yang berarti 'orang yang menyebabkan ketakutan' dalam bahasa lokal.

Selama penggalian, ahli paleontologi juga menemukan sisa-sisa predator lain - Viavenator exxoni - yang ukurannya sedikit lebih besar dari Llukalkan.

Menemukan keduanya bersama-sama di situs yang sama sangatlah tidak biasa. "Llukalkan sedikit lebih kecil dari Viavenator, meskipun, jika mereka hidup bersama, mereka pasti berbagi ceruk ekologi yang sama dan memakan mangsa yang sama, jadi mereka akan bersaing satu sama lain dan - mengapa tidak - bahkan saling memakan," kata Federico Gianechini dari Universitas Nasional San Luis Argentina.

SUMBER ASLI





Ikuti kami di