Berikut Cara Simpan Kurma Agar Tahan Lama

Berikut Cara Simpan Kurma Agar Tahan Lama
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Bulan Ramadan adalah waktu yang pas bagi setiap orang untuk membeli kurma sebagai salah satu hidangan yang tepat disaat berbuka puasa. Tetapi kerap kali orang tak hu bagaimana cara menyimpan kurma agar tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Lantas gimana cara simpan kurma?. Menyimpan kurma ini perlu disimak  tentunya agar rasa kurma tetap enak serta kandungan nutrisi masih tetap bertahan.

Oleh karena itu kurma masih mempunyai  manfaat bagi kesehatan yang didapatkan.

Untuk menyimpan kurma tak  boleh sembarangan dan harus memperhatikannya saat sebelum membelinya. Kurma yang unggul adalah kurma yang dapat bertahan lama. Lalu bagaimana cara menyimpan kurma agar tetap awet dan masih mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh? Simak penjelasannya berikut ini sebagaimana dikutip dari Planet.merdeka.com.

1. Menaruh Kurma di wadah Tertutup

Menyimpan kurma di tempat atau wadah tertutup. Wadah tertutup bermanfaat untuk menjaga kualitas kurma tetap baik saat dikonsumsi dalam jangka waktu lebih lama.

Selain itu pastikan tempat atau wadah tersebut tak mempunyai rongga atau celah yang dapat menjadikan  serangga atau bakteri dapat berkembang biak di permukaan kurma yang sudah disimpan tersebut.

Untuk menyimpan kurma dapat dipraktekkan  dengan memakai  toples dalam keadaan tertutup rapat yang berbahan dasar plastik atau mika. Menyimpan kurma ke dalam wadah kedap udara berguna agar tekstur dan rasanya tetap terjaga.

2. Pastikan Disimpan Pada Suhu yang Sesuai

Senantiasa perhatikan tempat serta lokasi penyimpanan kurma supaya tetap awet serta  kandungan gizinya tak sirna. Untuk menyimpan kurma lebih lama bisa diletakkan di kulkas. Kulkas bisa menjadikan kurma dapat lebih awet dan tahan hingga satu tahun.

Walaupun kurma akan menjadi dingin dan beku, rasa dan tekstur kurma juga tak akan berubah. Jika ingin menyajikan  kurma kembali, cukup merendam dalam semangkuk air hangat untuk menjadikannya kembali empuk dan dapat langsung dikonsumsi.

3. Perhatikan Kedaluwarsa

Sebelum membeli kurma wajib memperhatikan masa kadaluarsa agar kurma dapat bertahan lebih lama. Jika masa kadaluarsanya singkat maka kurma tak bisa disimpan lebih lama. Tanggal atau masa kedaluwarsa 
 

 

Berita Lainnya

index