Tips Persiapan Sahur yang Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Tips Persiapan Sahur yang Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa
Tips sahur agar tidak bau mulut seharian (Foto: istock)

Riauaktual.com - Selama berpuasa, kamu mungkin menyadari bahwa bau mulut menjadi tidak segar meski tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun. Meski tak semua orang mengalaminya, hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi, lho.

Walaupun normal, bau mulut tak sedap memang sering kali membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri. Menurut dokter spesialis prostodontis Dr Omar Aldaoudi dari Dr Michael's Dental Clinic, air liur memiliki peran penting untuk melindungi mulut dari pertumbuhan bakteri di dalamnya.

Berkurangnya tingkat air liur selama berpuasa merupakan penyebab utama bau tidak sedap pada mulut. Setelah berbuka, kelenjar ludah akan terstimulasi dan produksi air liur akan kembali normal.

Bagaimana mencegah munculnya bau mulut saat berpuasa?

Dikutip dari health.detik.com, berikut 5 cara ampuh mencegah bau mulut saat berpuasa.

1. Sikat gigi dan lidah

Penting bagi orang yang berpuasa untuk tetap menyikat giginya walaupun tidak makan apa-apa di siang hari. Kamu bisa menyikat gigi dan lidah selama 2 menit dan memastikan mulut sudah bersih usai makan sahur, setelah bangun tidur, dan sebelum tidur untuk mencegah munculnya bau mulut.

2. Minum air putih

Mulut yang kering selama berpuasa menyebabkan bau mulut menjadi tidak segar. Dengan demikian, saat sahur kamu disarankan untuk minum banyak air putih, setidaknya 2-3 gelas. Sebab, air putih penting untuk menghidrasi tubuh dan mulut saat berpuasa.

3. Kumur-kumur dengan obat kumur

Di siang hari, saat bau mulut sudah terasa tidak segar, kamu bisa mencoba kumur-kumur menggunakan obat kumur. Obat kumur boleh digunakan saat berpuasa karena tidak ditelan. Namun, perlu diingat untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak semakin kering.

4. Jangan merokok

Rokok dapat membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering, yakni penyebab utama mulut menjadi bau. Jadi, selama Ramadhan kamu disarankan untuk menghindari aktivitas merokok.

5. Hindari makanan tinggi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi saat sahur dan berbuka juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau, lho. Pasalnya, makanan tinggi gula dapat menyebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan napas menjadi tidak segar.

Berita Lainnya

index