Pemkab Siak - Pemprov Riau Sosialisasi Pergub Nomor 77 Tahun 2020

Pemkab Siak - Pemprov Riau Sosialisasi Pergub Nomor 77 Tahun 2020

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Siak bersama Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan sosialisasi tentang Peraturan Gubernur nomor 77 tahun 2020.

Peraturan tersebut, terkait petunjuk pelaksanaan penetapan indeks dan pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau.

Giat tersebut, di hadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Siak Hendrisan, dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli sebagai perwakilan kedua pihak.

"Kami mewakili bapak bupati, mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak Gubernur Riau yang telah menerbitkan Pergub nomor 77 tahun 2020 ini," sebut Hendrisan, Sabtu 19/06/2021.

Ia berharap melalui sosialisasi ini nantinya dapat membawa harapan baru bagi para petani sawit khususnya di Kabupaten Siak.

"Harapan kita bersama melalui sosialisasi Pergub ini akan menjadi harapan baru bagi petani sawit kita untuk mendapatkan harga tandan buah kelapa sawit yang lebih baik, sehingga dapat mendorong peningkatan perekonomian para petani dan tentunya mampu menopang peningkatan perekonomian di Riau khususnya Kabupaten Siak,"ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa, Pergub tersebut merupakan kebijakan terbaru sebagai bentuk perlindungan dan kepastian harga tandan kepada petani sawit Provinsi Riau.

"Ini untuk memberikan perlindungan dan kepastian harga kepada pekebun atau petani kelapa sawit di Riau akibat adanya perbedaan perlakuan harga pembelian TBS perkebunan oleh pabrik kelapa sawit (PKS)," sebut Zulfadli.

Ia juga mengatakan bahwa, Pergub tersebut dapat mencegah terjadinya persaingan yang tidak sehat antara Pabrik Kelapa Sawit di Riau.

"Sekaligus sebagai payung hukum yang akan dapat mengatasi terjadinya persaingan yang tidak sehat antar Pabrik Kelapa Sawit sehingga akan mewujudkan harga tandan yang lebih baik,"tutupnya.

Sosialisasi ini juga di hadiri oleh jajaran pejabat eselon Dinas Perkebunan Provinsi Riau, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan OPD terkait dan para pengusaha dan petani sawit di Kabupaten Siak.

Berita Lainnya

index