Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Inhu Terbakar

Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Inhu Terbakar
Foto: Kebakaran di TNBT 

Riauaktual.com - Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), di Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten Indragiri Hulu, Riau terbakar. Hutan yang dilindungi itu terbakar diduga karena adanya aktivitas membuka lahan secara ilegal.

"Kebakaran di TNBT Inhu terbakar namun berhasil dipadamkan. Selain petugas pemadam dari darat, helikopter juga melakukan 16 kali waterbombing dari udara," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edy Afrizal, Senin (26/7).

Menurut Edy, helikopter berhasil memadamkan kebakaran di taman nasional itu. Dia menduga, kebakaran di TNBT itu karena adanya aktivitas atau kegiatan buka lahan untuk kebun. Sebab, mustahil lahan bisa terbakar tanpa adanya aktivitas masyarakat di kawasan tersebut.

"Tak mungkin hutan terbakar begitu saja, pasti ada aktivitas membuka lahan," ucap Edy.

Tim satgas udara kembali menemukan satu titik api berbeda di Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Agar api tak meluas, helikopeter water boombing kembali diterjunkan ke lokasi.

"Kami sudah turunkan satu helikopter water bombing untuk pemadaman yang satu titik lagi," jelasnya.

Sebelumnya, hutan lindung Bukit Suligi di Kabupaten Rokan Hulu juga terbakar. Tiga orang pelaku ditangkap lalu jadi tersangka. Polisi juga menemukan aktivitas membuka lahan di lokasi. (SAN)

Berita Lainnya

index