Kondisi Fisik tak Surutkan Semangat Kakek Afrizal Ikut Vaksinasi

Kondisi Fisik tak Surutkan Semangat Kakek Afrizal Ikut Vaksinasi
Gubernur Riau, H Syamsuar, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung dan Bupati Rohul, Sukiman bersama Forkopimda Riau dan Rohul foto bersama disela-sela acara pe

Riauaktual.com - Kondisi fisik yang menurun dan persoalan usia, tidak mengurungkan niatnya untuk tetap sehat di massa pandemi Covid-19.

Dengan tubuh lemah, dia pun antusias mengikuti vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Provinsi Riau, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Rohul, Kamis (19/8/2021).

Dia adalah Afrizal. Kakek berusia 67 tahun ini memiliki komitmen yang terpuji. Dia tidak memilih di rumah dan menerima keadaan, tapi bersekeras untuk tetap mendapatkan vaksin agar semakin kuat menghadapi massa pandemi Covid-19.  

Afrizal merupakan salah seorang tokoh Suku Bonai. Dengan tubuh rentanya dibantu berjalan perlahan bersama putranya datang ke lokasi vaksinasi dengan penuh semangat datang ke Hutan Kota, Pasir Pengaraian untuk mengikuti suntik vaksinasi massal.

Kedatangan Afrizal disambut haru oleh panitia vaksin. Karena keterbatasannya itu, panitia vaksin memberikan keistimewaan kepada Afrizal. 

Kakek yang datang dengan menggunakan pakaian berbahan karung goni berwarna aranye muda dengan slayer berbahan kain goni, serta celana gantung juga berbahan goni dengan alas kaki sandal jepit itu langsung diantar ke ruang pemeriksaan selanjutnya langsung divaksin.

Usai vaksin, kakek Afrizal mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Rohul yang telah menggelar vaksinasi massal di Hutan Kota, Pasir Pengaraian ini.

''Terima kasih kepada pemerintah, saya akhirnya divaksin. Saya sudah lama ingin divaksin tapi lokasi selalu jauh dari rumah," ujarnya.

Afrizal sangat menantikan vaksin covid-19 ini. Kegiatan ini juga sangat menyentuh suku Asli Bonai Rokan Hulu (Rohul). Ia pun sangat senang saat mendapat kabar akan diadakan vaksinasi massal tersebut.

Afrizal juga mengaku saat dosis vaksin disuntik tidak mengalami efek samping sama sekali. “Aman-aman saja, rasanya tidak sakit,” kata Afrizal.

Sementara, Mulyadi putranya Afrizal mengatakan, kalau bapaknya sudah lama bilang mau divaksin. Dia dengar dari berita bahwa akan ada vaksinasi massal yang dilaksanakan di Hutan Kota. 

''Terima kasih pemerintah," ujar Mulyadi.

Sementara warga lainnya, Rokaiyah (45) juga mengaku sangat senang akhirnya dirinya divaksin. Tak hanya itu, dirinya juga bahagian bisa langsung bertatap muka dengan orang nomor satu di Privinsi Riau ini.

''Senang kali bang. Vaksin dapat, jumpa Gubernur Riau, H Syamsuar juga dapat,'' akunya dengan sumringah.

Vaksinasi bagi masyarakat pedalaman terus digencarkan. Kali ini kegiatan menyentuh suku Asli Bonai Rokan Hulu (Rohul), yang digelar di Hutan Kota Pasir Pangaraian.

Kegiatan ini digelar Pemerintah Provinsi Riau, bekerja sama dengan Pemkab Rohul yang langsung ditinjau Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Didampingi Bupati Rokan Hulu Sukiman, beserta jajaran di Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu, Gubernur yang tiba lokasi langsung menyapa Suku Bonai yang sudah menunggu di Pendopo Hutan Kota.

Pada interaksi dengan beberapa suku yang hadir, Gubernur mengatakan, bahwa vaksin Covid-19 sudah aman.

''Jangan takut ikuti suntik vaksin,” kata Gubernur kepada masyarakat Suku Bonai.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, rombongan Forkopimda Riau juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

Kegiatan selanjutnya, rombongan Forkopimda Riau juga melihat tempat isolasi terpusat di Gedung Dharma Wanita Rokan Hulu.

Gubernur langsung menyapa para tenaga kesehatan yang telah menunggu di Gedung Dharma Wanita. “Salam sehat semuanya ya, tetap semangat dalam bertugas. Semoga Pandemi Covid-19 ini dapat segera selesai,” ucap Gubernur, sambil melihat kondisi ruangan isolasi yang ada di Gedung Dharma Wanita Rokan Hulu.

Gubernur juga mengatakan, berharap terjadinya penurunan angka kasus penularan Covid-19 yang saat ini menginfeksi warga di Rokan Hulu.

Tidak lupa, Gubernur juga mengajak untuk sama-sama mendoakan agar kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 cepat sembuhnya.

“Mari kita doakan agar pasien Covid-19 dapat segera sembuh dan sehat selalu,” ajaknya.

Disela-sela kunjungannya itu, H Syamsuar juga mengimbau masyarakat selalu taati peraturan protokol kesehatan. ''Covid itu nyata. Sayangi keluarga kita dengan selalu mamakai masker, jaga jarak dan kurangi mobilitas keluar rumah untuk mencegah penularan virus tersebut,'' ungkap Gubri. *

Berita Lainnya

index