Hebat! Tim Mahasiswa UNS Sukses Luncurkan Prototipe Kapal Selam Tanpa Awak

Hebat! Tim Mahasiswa UNS Sukses Luncurkan Prototipe Kapal Selam Tanpa Awak
Kapal selam kelas Barracuda juga akan dilengkapi Torpedo berat F21 Artemis yang menetralisir kapal dan kapal selam musuh. Torpedo ini secara signifik

Riauaktual.com - Tim robotik mahasiswa UNS yang tergabung dalam Bengawan UV Team meluncurkan tiga tiga buah prototipe kapal tanpa awak. Tiga kapal tanpa awak ini merupakan prototipe yang akan dilombakan pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional atau KKCTBN 2021.

KKCTBN merupakan kompetisi yang digelar oleh Pusat Prestasi nasional atau Puspresnas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dalam KKCTBN 2021, Bengawan UV Team UNS berhasil lolos dalam tiga kategori, yaitu divisi kapal selam (Autonomous Semi Submarine Surfance Vehicle/ASSV), divisi kapal patrol laut lepas (Electric Remote Control/ERC), dan divisi kapal patroli (Fuel Engine Remote Control/FERC).

Peluncuran tiga kapal tanpa awal ini berlangsung di Halaman Gedung Dr. Prakosa UNS, Senin 18 Oktober 2021 dan dihadiri Rektor UNS, Jamal Wiwoho dan Dekan Fakultas Teknik UNS, Sholihin As’ad.   

“Saya bangga dengan prestasi kalian, setidak-tidaknya kalau melihat track record beberapa saat yang lalu, Tim Bengawan juga menjuarai kompetisi di beberapa tempat. Semoga ini menjadi pacuan untuk menjadi juara di final besok,” harap Jamal yang juga mengapresiasi.   

Selain meluncurkan prototipe kapal tanpa awak, Tim Bengawan UV UNS juga merilis prototipe pesawat yang akan diikutkan dalam Kontes Robot Terbang Indonesia atau KRTI yang juga diselenggarakan oleh Puspresnas.

Tri Rahmaji, General Manager Bengawan UV mengatakan tim mereka harus melalui beberapa tahapan seleksi, yaitu tahap proposal, laporan progres dari perencanaan, keuangan, hingga uji performa kapal.  

“Setelah itu baru diumumkan siapa saja yang berhak lolos ke nasional. Di final nanti ada 9 tim elektrik, 9 tim gasoline, dan 8 tim kapal selam,” imbuh Tri Rahmaji pada uns.ac.id.

Aji, sapaan akrab Tri Rahmaji, seluruh kategori yang diikuti oleh Bengawan UV UNS lolos pada tahap final. Pada masing-masing kategori terdapat 8-10 tim yang berhak turut serta pada tahap final.

Final dari KKCTBN akan digelar pada 21-24 Oktober 2021 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Juga untuk pelaksanaan final KRTI yang akan berlangsung di UNS November yang akan datang.  

 

 

 

Sumber: Tempo.co

Berita Lainnya

index