Disdik Pekanbaru Diminta Segera Perbaiki SDN 83 Pasca Terbakar

Disdik Pekanbaru Diminta Segera Perbaiki SDN 83 Pasca Terbakar
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, diminta segera melakukan perbaikan terhadap bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 83 pasca terbakar beberapa minggu lalu. Perbaikan harus digesa agar aktivitas belajar mengajar bisa dilakukan kembali di sekolah tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, Disdik bisa menggunakan anggaran Belanja Tidak Tetap (BTT) pada APBD Kota Pekanbaru tahun 2023 atau anggaran pergeseran dari dinas pendidikan sendiri.

"Bisa dari BTT atau mungkin bisa dari anggaran pergeseran dinas pendidikan. Karena anggarannya kan hanya sekitar Rp300 jutaan untuk perbaikan atap dan plafon," kata Indra Pomi Nasution, Kamis (26/10).

Ia menilai perbaikan ini harus dilakukan cepat karena ada sekitar 6 kelas pasca terbakar yang alami rusak sedang dan bisa diperbaiki. Sementara untuk meubeler pada kelas tersebut masih bisa digunakan kembali.

"Kita harapkan perbaikan ini bisa dilakukan dengan cepat, karena ada enam kelas anak-anak kita pindah ke SD lain untuk sementara waktu. Harapan kita kalau itu sudah selesai, anak-anak kelas 6 mereka mesti fokus menghadapi ujian," ungkapnya.

Untuk proses renovasi SDN 83 Pekanbaru pasca kebakaran bakal berlangsung dalam dua tahap. Perbaikan tahap awal diprediksi tuntas dalam dua bulan kedepan.

Tahap awal nantinya renovasi meliputi perbaikan gedung yang rusak sebagian akibat kebakaran. Proses perbaikan berlangsung pada bagian atas bangunan sekolah di Jalan Pontianak.

"Jadi perbaikannya untuk tahap awal atap, plafon dan listrik," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal.

Jamal menyebut, anggaran renovasi tahap awal ini bersumber dari BTT tahun 2023. Proses penghitungan kebutuhan anggaran untuk renovasi tahap awal ini masih berjalan.

Ia merinci, perbaikan di bangunan tersebut total ada 12 ruang kelas sehingga harus diperbaiki secepatnya. Saat ini murid di SDN 83 terpaksa menumpang belajar sejak awal pekan kemarin.

Para murid menumpang belajar di tiga sekolah yakni di SDN 29 Pekanbaru, SDN 66 Pekanbaru dan SDN 67 Pekanbaru. Ketiga sekolah itu berada di Jalan Imam Munandar. 

Berita Lainnya

index