Berikut Tips agar Tidak Ngantuk di Jalan Tol saat Mudik

Berikut Tips agar Tidak Ngantuk di Jalan Tol saat Mudik
Tips agar tidak ngantuk di jalan tol saat mudik. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Tips agar tidak ngantuk di jalan tol saat mudik menarik untuk di ulas. Mudik adalah salah satu tradisi tahunan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia menjelang perayaan Idul Fitri. Bagi sebagian orang yang memiliki kampung halaman dengan jarak cukup jauh harus melewati perjalanan panjang di jalan tol.

Namun, perjalanan panjang di tol dapat menimbulkan berbagai masalah yang mengganggu kenyamanan serta keselamatan perjalanan. Salah satu masalah yang sering mucul selama perjalanan adalah rasa ngantuk yang datang tiba-tiba.

Berkendara dalam kondisi mengantuk merupakan situasi yang sangat berbahaya dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang serius.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi menyatakan pada bulan November 2021 bahwa 80 persen kecelakaan di jalan tol itu akibat mengantuk. Mengantuk saat mengemudi di jalan tol dapat menyebabkan menurunnya kemampuan konsentrasi, kewaspadaan, dan respon reflek tubuh sehingga kesulitan untuk mempertahankan kendali kendaraan.

Meskipun mengantuk saat berkendara bisa menjadi situasi yang berbahaya, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegahnya dan menjaga kewaspadaan di jalan. Melansir dari berbagai sumber Senin (1/4/2024) berikut enam tips agar tidak ngantuk di jalan tol saat mudik.

1. Tidur yang cukup

Mulai dari jauh-jauh hari sebelum mudik, pastikan Anda tidur dengan cukup setidaknya 7-8 jam setiap malam. Selain itu, pada malam sebelum keberangkatan Anda juga disarankan paling tidak tidur selama enam jam. Hindari berangkat dalam keadaan kurang tidur, karena dapat meningkatkan risiko ngantuk di jalan.

2. Pertahankan postur tubuh yang baik

Posisi mengemudi statis dalam waktu lama memberikan efek psikologis yang membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Usahakan untuk menjaga postur tubuh yang baik agar dapat membantu Anda mengindari tertidur. Saat mengemudi Anda dapat menjaga punggung tetap lurus dengan mengubah posisi sandaran menjadi lebih tegak.

3. Konsumsi Camilan Ringan

Mengunyah dapat menstimulus otak agar tetap terjaga. Pilihlah camilan ringan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau biskuit gandum untuk menjaga energi Anda selama perjalanan. Hindari konsumsi makanan berat atau yang mengandung gula berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan energi setelahnya.

4. Putar Musik

Musik yang ceria dan energik dapat membantu menjaga konsentrasi Anda selama perjalanan. Hindari musik yang terlalu pelan atau menenagkan karena dapat membuat Anda lebih mengantuk.

5. Lakukan peregangan otot

Ketika tubuh mulai merasakan lelah dan jenuh lakukan peregangan sederhana. Berhenti ditempat yang aman dan keluar dari mobil untuk melakukan pergerakan, jalan-jalan sebentar, atau bahkan beberapa jumping jack untuk membantu Anda rileks dan memulihkan energi.

6. Istirahat singkat

Meskipun jalan tol menawarkan kenyamanan, tetaplah penting untuk beristirahat sebentar. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus mengemudi tanpa istirahat. Berhentilah sejenak di rest area atau tempat istirahat untuk melepaskan lelah. Selain itu, Anda juga bisa bergantian dalam mengemudi jika melakukan perjalanan bersama orang lain.

Gunakan waktu istirahat ini untuk berjalan-jalan dan tidur sebentar, atau mengonsumsi kafein. Hal tersebut dapat membantu mengembalikan kesegaran, konsentrasi dan reflek tubuh Anda agar tidak mengantuk saat melanjutkan perjalanan panjang di jalan tol.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko mengantuk di jalan tol saat mudik dan menjalani perjalanan dengan lebih aman, nyaman dan menyenangkan. Tetaplah waspada dan perhatikan kondisi anda selama perjalanan.

Selain itu, jangan ragu untuk beristirahat jika merasa lelah atau mengantuk. Demikianlah tips agar tidak ngantuk di jalan tol saat mudik.


 

 

Sumber: Okezone.com

Berita Lainnya

index