Profil H.Ahmad Tarmizi, Wakil Ketua DPRD Riau yang Baru Dilantik

Profil H.Ahmad Tarmizi, Wakil Ketua DPRD Riau yang Baru Dilantik
H. Ahmad Tarmizi, Lc, MA

RIAU (RA) – H. Ahmad Tarmizi, Lc, MA, secara resmi dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029 pada Kamis, 24 Oktober 2024. Berikut profil singkat Ahmad Tarmizi yang kini menjabat salah satu pimpinan dewan di Riau.

Ahmad Tarmizi lahir di Pekanbaru pada 6 April 1982, anak dari pasangan Mohammad Roem (Alm) dan Asnida, yang berasal dari Muara Rumbai, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Pendidikan dasarnya ditempuh di Madrasah Ibtida'yah (MI) Al-Fattah Pekanbaru. Ia melanjutkan jenjang SMP dan SMA di Pesantren Wali Songo, Ngabar, Ponorogo, Jawa Timur. 

Berkat prestasinya, Ahmad Tarmizi mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, di mana ia meraih gelar S1 dan melanjutkan pendidikan S2 di universitas yang sama.

Selama berada di Mesir, Ahmad Tarmizi aktif dalam kegiatan organisasi politik sebagai Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Mesir periode 2010-2015, yang menjadi awal mula perjalanan karier politiknya.

Setelah kembali ke Indonesia, dengan gelar Lc. MA di tangan, Ahmad Tarmizi memilih untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan sebagai dosen di salah satu universitas di Riau. 

Selain itu, ia aktif sebagai mubaligh, sering memberikan ceramah agama di berbagai majelis taklim. Ia juga turut berperan dalam membantu DPW PKS Riau di bidang Kaderisasi.

Pada Musyawarah Wilayah (Muswil) PKS Riau ke-V, Ahmad Tarmizi terpilih sebagai Ketua DPW PKS Riau masa bakti 2020-2025. 

Selama menjabat sebagai ketua DPW, Ahmad Tarmizi sukses menggerakkan roda organisasi dan mengonsolidasikan struktur partai hingga PKS Riau mencapai hasil gemilang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. 

Di bawah kepemimpinannya, PKS Riau berhasil menambah tiga kursi, dari tujuh menjadi sepuluh kursi di DPRD Provinsi Riau, termasuk kursi yang ia duduki.

Ahmad Tarmizi, yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Riau, adalah suami dari Salma Lestari, Lc. Mereka dikaruniai dua orang anak. 

Pelantikan resminya sebagai Wakil Ketua DPRD Riau 2024-2029 dilakukan bersama tiga pimpinan DPRD lainnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.4-4320 Tahun 2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Provinsi Riau yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris DPRD Riau.

Empat pimpinan DPRD tersebut berasal dari partai politik pemenang Pemilu 2024, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra. 

Berikut adalah nama-nama pimpinan DPRD Riau yang dilantik:

1.? Kaderismanto (PDIP) – Ketua DPRD Riau
2.? Parisman Ikhwan (Golkar) – Wakil Ketua I
3.? Ahmad Tarmizi, Lc, MA (PKS) – Wakil Ketua II
4.? Budiman (Gerindra) – Wakil Ketua III

Dengan pengalaman dan kiprahnya di dunia pendidikan dan politik, Ahmad Tarmizi diharapkan mampu menjalankan amanah sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dan membawa kemajuan bagi masyarakat Provinsi Riau.

Berita Lainnya

index