Dokter India Makin Khawatir, Kini Merebak Jamur Hijau

Dokter India Makin Khawatir, Kini Merebak Jamur Hijau
Jamur Hijau (Foto: Twitter)

Riauaktual.com - Para dokter di India kini makin khawatir mengatasi pandemi Covid-19. Seperti dilaporkan RT, Rabu (16/6/2021), kasus baru jamur hijau telah ditemukan di India, dan menambah 3 jenis infeksi warna lain yang juga berkembang.

Ketika ribuan orang menderita jamur hitam, putih dan kuning di India, para dokter sekarang khawatir bahwa infeksi lain, yang dijuluki "jamur hijau". Temuan kasus ini telah ditambahkan ke daftar komplikasi pasca-Covid untuk pasien.

Seorang pria berusia 34 tahun di Madhya Pradesh, satu negara bagian besar di India tengah, diyakini sebagai pasien pertama yang didiagnosis dengan jenis jamur baru itu. Media local melaporkan, secara ilmiah, jamur hijau dikenal sebagai infeksi Aspergillosis dan dikatakan relatif jarang, dan memengaruhi paru-paru.

Pria itu telah dirawat karena Covid-19 selama dua bulan - salah satunya dia habiskan di unit perawatan intensif, sebelum dia keluar dari rumah sakit. Namun, setelah kembali ke rumah, ia mulai mengalami mimisan, demam dan penurunan berat badan.

Kantor berita India NDTV melaporkan, mengutip keterangan dokter bernama Ravi Dosi yang awalnya mengira pasien terkena jamur hitam, atau mucormycosis. Tetapi tes ternyata menunjukkan jenis infeksi hijau.

Menurut harian The Times of India, pasien diterbangkan ke Mumbai untuk perawatan lebih lanjut, karena 90% dari paru-parunya telah terpengaruh.

“Ini mungkin kasus jamur hijau pertama di negara ini,” kata seorang pejabat departemen kesehatan setempat, Apoorva Tiwari, seperti dikutip kantor berita ANI India.

Dosi merupakan kepala Departemen Penyakit Dada di Institut Ilmu Kedokteran Sri Aurobindo (SAIMS) di Indore. Dia memperingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian tentang jamur baru.

Dosi juga menjelaskan bahwa diagnosis medis bukan berarti infeksi jamur memberi warna pada tubuh.

“Nama itu berasal dari nuansa yang muncul saat tes laboratorium dengan berbagai jenis infeksi jamur,” katanya.

Kasus jamur telah muncul di India ketika negara Asia yang berpenduduk padat itu sedang berjuang melawan pandemi virus corona. Setidaknya tiga jenis warna jamur telah terdeteksi pada pasien Covid. Jamur warna hitam mematikan adalah yang terburuk, dan beberapa negara bagian telah menyatakannya sebagai epidemi.


 

Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainnya

index