Mahasiswa UNRI Bekerjasama dengan CSR RU II Pertamina Berikan Bantuan 10.000 Bibit Kepada Arboretum Gambut Marsawa

Mahasiswa UNRI Bekerjasama dengan CSR RU II Pertamina Berikan Bantuan 10.000 Bibit Kepada Arboretum Gambut Marsawa
Pemberian 10.000 bibit oleh Mahasiswa UNRI

Riaukatual.com - Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Abdimas Universitas Riau 2020 Kelurahan Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau memberikan 10.000 bibit pohon gratis kepada masyarakat khususnya yang berada di sekitar Arboretum Gambut Marsawa. Kegiatan berlangsung pada hari Kamis (13/8) lalu di Arboretum Gambut Marsawa.

Kegiatan penyerahan 10.000 bibit pohon dihadiri oleh perwakilan CSR RU II Pertamina Sungai Pakning, Wahyu Purwanto dan Anugraheni Utami. Turut hadir pula Lurah Sungai Pakning, Muhammad Abditiansyah, SSTP., M.Si., Kepala Koperasi Tunas Makmur Sungai Pakning, Samsul, Ketua Arboretum Gambut Marsawa, Sadikin, dan juga beberapa masyarakat di sekitar Arboretum Gambut Marsawa.

Penyerahan bibit pohon dilakukan secara simbolis kepada Lurah Sungai Pakning, Muhammad Abditiansyah, SSTP., M.Si., oleh tim KKN Terintegrasi Abdimas UNRI di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, Zulkarnaini, S.Sos., M.Si. Jenis-jenis bibit pohon yang diberikan antara lain bibit pohon durian sebanyak 3000, bibit pohon nangka sebanyak 3000, bibit pohon gaharu sebanyak 3000, dan bibit pohon petai sebanyak 1000. Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan Pekanbaru dan juga dengan CSR RU II Pertamina Sungai Pakning.

Muhammad Farabi Andrika, ketua kelompok KKN Terintegrasi Abdimas UNRI mengungkapkan pembagian 10.000 bibit pohon kepada arboretum gambut marsawa dan juga masyarakat sekitar ini ditujukan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan agar terciptanya udara yang sehat.

“Semoga dengan adanya program pemberian 10.000 bibit pohon ini dapat memberikan dampak baik terhadap lingkungan khususnya di wilayah sekitar Arboretum Tanah Gambut, semoga dapat terciptanya polusi udara yang bersih dan bermanfaat bagi masyrakat sekitar,” ungkap Farabi.

Perwakilan dari CSR RU II Pertamina Sungai Pakning, yakni Wahyu Purwanto, menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas Universitas Riau yang telah membantu proses permintaan bibit serta menjadi perpanjangan tangan ke BPDAS Indragiri Rokan Pekanbaru.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas Universitas Riau yang telah bersedia menjadi perpanjangan tangan pemrosesan permintaan 10.000 bibit pohon ke BPDAS Indragiri Rokan yang berada di Pekanbaru,” pungkasnya.

Sementara, Muhammad Abditiansyah, SSTP., M.Si., selaku Lurah Sungai Pakning mengutarakan apresiasi positif terhadap kegiatan pemberian 10.000 bibit pohon ini.

“Dengan adanya pemberian 10.000 bibit pohon ini semoga akan terealisasikannya one village one product, apabila semua warga diberikan semua bibit nangka misalnya di setiap rumah, maka dapat menjadikan kampung jawa terkenal dengan penghasil nangka, jadi ada product iconic yang akan membawa nama kampung jawa selain nanas,” tuturnya

Beliau juga memberikan semangat positif kepada mahasiswa Kukerta agar semangat menjalankan perkuliahan terkait dengan kondisi pandemi saat ini.

“Terakhir, saya sampaikan semangat dalam menempuh pendidikan kuliah nanti, memang dengan adanya pandemi ini adik-adik kesusahan dalam melaksanakan kegiatan kuliahnya, pendidikannya. Tapi tetap semangat, jangan menyerah, memang tidak ada yang namanya jalan mulus pasti ada rintangan dalam mencapai sebuah impian,” sambungnya. (rilis)

Berita Lainnya

index