Tim KKN UNRI Bersama UPT Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Sosialisasi Tentang Apotek Hidup Sehat Di Masa Pandemi Covid 19

Tim KKN UNRI Bersama UPT Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Sosialisasi Tentang Apotek Hidup Sehat Di Masa Pandemi Covid 19

Riauaktual.com - Penyebaran virus covid-19 di Indonesia terus meningkat, sehingga dibeberapa daerah yang padat penduduk diterapkan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Dengan meningkatnya pasien positif covid 19 serta diterapkan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengharuskan masyarakat agar lebih sering dirumah dan menghindari kerumunan. 

Menanggapi hal tersebut, Tim KKN Balek Kampung UNRI berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang apotek hidup kepada warga RW 20 Desa Pandau Jaya. Selain mengisi waktu luang dirumah dan mencegah penyebaran virus covid 19, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai tanaman apotek hidup dan dapat diterapkan dilingkungan masyarakat.

“Sosialisasi mengenai tanaman apotek hidup dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias mengikutinya. Karena menurut pandangan saya, masyarakat sangat membutuhkan hal yang sederhana, namun memiliki manfaat yang besar dikala pandemi ini sehingga masyarakat tidak harus keluar rumah dan meminimalisir kerumunan,” ujar Risky Yonanda selaku anggota dari Tim KKN UNRI.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu (31/07/2021) yang diawali dengan kata sambutan dari Ketua RT 002 Chandra Susandi. Kegiatan sosialisasi mengenai tanaman apotek hidup disampaikan langsung oleh Ir. Yuni Hastuti MP selaku Widyaiswara  UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian. 

Dalam kegiatan tersebut, pemateri memberikan informasi mengenai beberapa pengelompokan tanaman apotek hidup dan penjelasan mengenai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). 

"TOGA adalah tumbuhan yang ditanam oleh keluarga di sekitar lingkungan rumah yang mempunyai khasiat penyembuhan sebagai apotek hidup yang dimanfaatkan oleh keluarga secara sederhana,” ujar Ir. Yuni Hastuti selaku pemateri sosialisasi tanaman apotek hidup. 

Selanjutnya diakhir acara diberikan kesempatan sesi tanya jawab kepada warga untuk menanyakan perihal tanaman apotek hidup. Banyak pertanyaan yang didiskusikan oleh warga kepada Ir. Yuni Hastuti MP. 

Banyak pelajaran yang bisa diserap dari sosialisasi tersebut, “jadikanlah makanan sebagai obatmu dan jangan jadikan obat sebagai makananmu,” ujar Ir Yuni. 

Lalu diakhiri dengan pemberian handsanitizer dan foto Bersama warga.
 

Berita Lainnya

index